Perbedaan Cappucinno dan Latte serta Sejarahnya

Minuman kopi selalu diketahui oleh semua orang, tidak terkecuali pula dengan Anda. Kopi memang memiliki cita rasa yang begitu nikmat dengan aroma yang sungguh menggoda selera. Belum lagi khasiatnya yang sangat bagus bagi kesehatan asalkan dikonsumsi dengan porsi yang wajar. Beragam variasi minuman kopi pun terus bermunculan dengan maksud untuk membuat senang para penikmat kopi. Dua di antaranya yaitu cappucinno dan latte.
Diketahui cappucinno serta latte sama-sama menjadi minuman kopi yang paling sering dipesan di cafe. Tetapi faktanya adalah masih banyak orang yang belum tahu kalau cappucinno itu berbeda dari latte. Umumnya orang beranggapan jika cappucinno dan latte sekadar minuman kopi yang memiliki cita rasa manis. Mungkin Anda juga termasuk salah satunya? Itu sebabnya, kali ini kami akan berbagi ulasan tentang perbedaan cappucinno dan latte.
perbedaan-cappucinno-dan-latte.jpg
Sejarah Penemuan
Cappucinno berawal dari minuman khas Austria yang bernama asli kapuziner. Minuman ini terbuat dari campuran krim, rempah-rempah, dan gula. Sedangkan cappucinno yang kita kenal sekarang pertama kali diciptakan di Milan pada tahun 1901 saat Luigi Bezzera menemukan mesin pembuat espresso. Kemudian pada tahun 1930an, cappucinno modern berhasil dibuat dan menyebar dengan cepat ke seluruh Daratan Eropa. Akhirnya popularitas cappucinno mencapai puncaknya pada tahun 1980an. Starcbucks memiliki peran yang sangat besar dalam memopulerkan minuman ini ke seluruh dunia.
Sementara itu, latte memang benar-benar merupakan minuman dari Italia. Istilah ini berasal dari caffelatte yang berarti kopi susu. Jadi sederhananya latte terbuat dari campuran kopi dan susu. Latte sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Italia mengingat minuman ini sudah ditemukan sejak berabad-abad tahun yang lalu. Namun latte yang kita kenal sekarang baru tercipta pada tahun 1950an di Berkely, California oleh Lino Meiorin. Popularitas latte semakin meningkat di Seattle pada tahun 1980an yang juga dipengaruhi oleh kemunculan beberapa coffee shop ternama.
Bahan Pembuat
Cappucinno berbeda dari latte karena menggunakan bahan-bahan yang tidak sama dalam proses pembuatannya. Cappucinno selalu dibuat memakai espresso yang dicampur dengan susu panas dan susu steam. Hal ini membuat tekstur rasanya lebih kaya. Anda juga boleh menambahkan rempah-rempah ke dalam espresso untuk membuat rasanya semakin unik. Kemudian di lapisan yang paling atas akan dituangkan busa susu (milk foam) setebal 2 cm.
Berbeda dari cappucinno, latte bisa dibuat menggunakan kopi dari jenis apapun. Bahkan latte pun dapat dibuat tanpa kopi. Sebagai pengganti kopi, Anda bisa menggunakan cokelat, teh, matte, atau matcha. Tetapi standar bakunya adalah latte dibuat dari campuran kopi espresso dan susu. Perbedaan dari cappucinno selanjutnya yaitu latte umumnya tidak menggunakan milk foam. Kalau pun memakai milk foam, maka lapisannya cukup tipis saja.

0 Response to "Perbedaan Cappucinno dan Latte serta Sejarahnya"

Posting Komentar