Trik-trik Menghentikan Kebiasaan Ngopi Paling Jitu

Ada kalanya Anda terpaksa harus menghentikan kebiasaan meminum kopi. Alasannya karena Anda sudah kecanduan dengan minuman berkafein ini. Hal ini mengakibatkan kehidupan Anda tergantung kepada minuman kopi. Anda seperti merasa tidak bersemangat menjalani hidup apabila belum meminum kopi. Pada akhirnya, Anda pun meminum kopi dalam jumlah yang banyak sehingga mengakibatkan efek sampingnya muncul.
Kopi memang mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan. Kopi dinilai ampuh mencegah diabetes serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Namun manfaat kopi hanya akan didapatkan apabila Anda mengonsumsinya dalam takaran yang pas. Faktanya terlalu banyak meminum kopi justru akan berdampak buruk bagi kesehatan. Penyakit-penyakit akan muncul manakala Anda meminum kopi yang terlampau banyak.
cara-mengurangi-minuman-kopi.jpg
Anda yang ingin menghentikan atau mengurangi minuman kopi harian bisa mengikuti tips-tips sebagai berikut!
  1. Mantapkan Niat Diri Anda
Segala sesuatu berawal dari niat. Kalau Anda ingin berhenti ngopi, mantapkan niat Anda sekali lagi. Anda tidak boleh terpaksa atas bujuk rayuan seseorang. Harus dari diri Anda sendiri yang ingin berhenti meminum kopi. Pada awalnya memang terasa berat. Kehidupan Anda terasa kurang berwarna tanpa adanya kopi yang menemani. Tetapi lama-kelamaan pasti akan terbiasa juga.
  1. Kurangi Sedikit demi Sedikit
Kalau Anda ingin berhenti meminum kopi, tidak disarankan langsung tak meminum kopi sama sekali. Tubuh Anda pasti akan merasa terlalu berat jikalau harus total menghindari kopi secara langsung. Ada baiknya Anda kurangi porsi minuman kopi sedikit demi sedikit. Di mulai dari 3 cangkir, 2 cangkir, dan 1 cangkir per hari. Jika Anda sudah merasa nyaman, silakan hentikan kebiasaan meminum kopi.
  1. Pindah ke Minuman Lain
Tidak dipungkiri kalau menghentikan kecanduan kafein pada minuman kopi itu cukup sulit dihilangkan. Anda akan merasa sangat berat kalau harus menghindari minuman kopi langsung. Solusinya biar terasa lebih ringan, Anda bisa memilih minuman lain yang lebih menyehatkan sebagai gantinya. Contohnya yaitu air putih, teh, atau jus buah dan sayuran. Minumlah minuman-minuman ini setiap kali perasaan ingin minum kopi muncul.
Kopi memang diketahui memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita. Beberapa manfaat kopi yang terkenal antara lain meningkatkan fokus, menaikkan kemampuan dalam beraktivitas berat, dan menangkal risiko penyakit kanker. Namun ingat jika Anda sudah terlalu banyak meminum kopi, justru dampak negatif yang bakal didapatkan. Beberapa efek samping karena ngopi terlalu banyak misalnya memicu masalah pada lambung, menyebabkan jantung berdebar, serta menaikkan tekanan darah.

0 Response to "Trik-trik Menghentikan Kebiasaan Ngopi Paling Jitu"

Posting Komentar