Wow! Ternyata Ini Dampak Positif Minum Kopi buat Anda

Segala sesuatu di dunia ini pasti mempunyai dampak positif dan dampak negatif. Tak terkecuali pula dengan minuman kopi. Secangkir kopi yang Anda minum setiap hari akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh Anda. Hal ini dikarenakan kopi mengandung antioksidan dengan kadar yang lebih besar daripada minuman-minuman lainnya. Aturannya cuma satu yaitu Anda tidak boleh meminumnya secara berlebihan.
Kopi yang diminum dengan sedikit atau tanpa gula akan memberikan manfaat yang lebih besar daripada efek samping yang mungkin bakal Anda dapatkan. Dari mulai efek pencegahan hingga perlawanan terhadap penyakit-penyakit tertentu dapat dilakukan oleh si minuman hitam ini. Jadi mulai dari sekarang Anda tidak perlu bingung lagi apakah mau meminum kopi atau tidak. Sebab secangkir kopi terbukti dapat mendukung aktivitas harian Anda.
dampak-positif-minuman-kopi.jpg
Berikut beberapa dampak positif yang dimiliki oleh minuman kopi, yaitu :
  1. Mencegah Risiko Depresi
Minuman kopi telah terbukti bisa mencegah terjadinya risiko depresi pada seseorang. Orang yang rutin mengonsumsi 2-3 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah. Bahkan orang yang minum 4 cangkir kopi atau lebih setiap hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah. Hal ini berkat kandungan kafein di dalamnya yang dapat meningkatkan energi dan mood, meskipun hanya dalam jangka pendek.
  1. Melindungi dari Penyakit Parkinson
Kopi juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit parkinson, khususnya bagi kaum adam. Diketahui bahwa pria yang rutin mengonsumsi 2-3 cangkir kopi berkafein setiap hari mempunyai risiko 25 persen lebih rendah mengidap penyakit parkinson. Lalu apa yang menjadi pelindungnya? Tidak lain adalah gen yang disebut GRIN2A yang sepertinya mampu melindungi penikmat kopi dari serangan penyakit ini.
  1. Menurunkan Risiko Demensia
Kebiasaan meminum kopi hangat tampaknya dapat menurunkan risiko penyakit demensia. Orang-orang yang meminum kopi sebanyak 3-5 cangkir per hari memiliki risiko 65 persen lebih rendah. Manfaat tersebut didapatkan berkat zat antioksidan di kopi yang bisa berperan dalam mengurangi bentuk demensia vaskular. Penelitian juga menunjukkan bahwa kafein pada kopi bisa meningkatkan efisiensi penghalang darah otak dan menghilangkan efek negatif dari kolesterol tinggi pada fungsi kognitif.
  1. Melawan Sel Kanker
Kopi yang baru diseduh akan memproduksi antioksidan yang bagus untuk kesehatan. Kopi sendiri mengandung ratusan senyawa kimia, termasuk senyawa antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang bisa menurunkan proses kerusakan peradangan. Salah satunya yaitu methylpyridinium yang merupakan senyawa antioksidan yang sangat aktif. Senyawa inilah yang bersifat antikanker.
  1. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2
Para penikmat kopi tanpa gula mempunyai risiko yang rendah terkena diabetes tipe 2. Bahkan rutin meminum 4 cangkir kopi setiap hari mampu menurunkan risiko penyakit ini hingga 50 persen. Hal ini berkat kandungan senyawa alami di dalam kopi yaitu kafein, asam kafeik, dan asam klorogenik. Ketiganya mampu bertindak sebagai penangkal perkembangan racun dari protein terkait risiko diabetes tipe 2. Manfaat yang lebih besar akan didapatkan bila Anda meminum kopi tanpa kafein.

0 Response to "Wow! Ternyata Ini Dampak Positif Minum Kopi buat Anda"

Posting Komentar