Apa yang Dimaksud dengan Kopi Lanang?

Minuman kopi sudah berhasil menjelma menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Tiada hari tanpa kopi yang menemani. Hal ini berkat sensasi yang dimilikinya. Minuman kopi menawarkan secangkir rasa dan aroma yang benar-benar nikmat. Kenikmatan meminum kopi sungguh tiada tandingannya. Berkat kopi seseorang bisa berpikir lebih mendalam. Berkat kopi pula suasana berkumpul menjadi terasa semakin hangat.
Tahukah Anda, tanaman kopi termasuk kelompok tumbuhan dikotil. Ini artinya setiap biji kopi terdiri atas dua keping. Namun kadang-kadang terjadi ketidaknormalan pada biji kopi tersebut. Salah satunya yaitu biji kopi yang seharusnya berkeping dua malah berkeping satu. Jadi dua keping biji tersebut saling menempel dan berdempetan satu sama lain. Ibaratnya seperti kembar siam. Inilah yang dinamakan sebagai biji kopi lanang.
apa-itu-kopi-lanang.jpg
Istilah kopi lanang sering kali muncul saat kita membeli biji kopi segar atau bubuk kopi. Tidak sedikit pula kafe dan warung kopi yang menjual minuman dari kopi lanang. Anda yang masih awam dengan dunia kopi pasti akan dibuat bingung sendiri dengan istilah kopi lanang tersebut. Anda pun lantas bertanya-tanya sendiri apakah gerangan kopi lanang itu? Sebab kata lanang dalam bahasa Indonesia artinya laki-laki. Jadi apa itu kopi laki-laki?
Ternyata eh ternyata, kopi lanang adalah biji kopi yang berkeping satu karena dua kepingnya saling berdempetan dan menempel kuat satu sama lain. Oleh sebab itu, biji kopi lanang begitu spesial karena mampu menyerap nutrisi yang lebih banyak sehingga secara otomatis memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat. Selain itu, minuman yang terbuat dari kopi lanang pun lebih kental. Hal inilah yang membuat kopi lanang lebih cocok untuk laki-laki.
Peristiwa ketidaknormalan kopi yang kemudian disebut sebagai kopi lanang ini kenyataannya tidak hanya terjadi di Indonesia, di luar negeri pun kondisi ini kerap kali terjadi. Sehingga kopi lanang di luar negeri biasanya disebut peaberry. Karena rasa dan aromanya lebih kuat, kopi lanang dipandang sebagai kopi yang istimewa. Kopi ini juga sangat terbatas, di mana hanya ada 10-20 persen saja biji kopi lanang per pohon kopi. Alhasil harganya pun lebih mahal.
Jadi, kini Anda sudah tahu apa itu kopi lanang kan? Silakan coba kenikmatan rasa dan aromanya sekali-kali.

0 Response to "Apa yang Dimaksud dengan Kopi Lanang?"

Posting Komentar