Mengenal Penyakit Busuk Buah Kopi

Tanaman kopi dapat mengalami penyakit busuk buah. Penyakit ini mengakibatkan buah-buah kopi cepat menjadi busuk. Diketahui penyakit busuk buah sudah menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi para petani kopi. Serangannya dapat menurunkan prosentase hasil panen hingga lebih dari 30 persen. Penyakit busuk buah telah menyerang tanaman kopi di sebagian besar Pulau Sumatera hingga ke Pulau Jawa.
Ada ciri-ciri khusus dari serangan penyakit busuk buah ini yaitu buah kopi yang terserang akan memunculkan bercak-bercak hitam. Awalnya ukuran bercak tersebut sangat kecil, tetapi lama-kelamaan cakupannya semakin meluas. Pada akhirnya, buah kopi yang semula berwarna hijau menjadi berubah kehitam-hitaman. Jika buah kopi tersebut dibelah, maka akan terlihat bahwa seluruh bagian daging buahnya pun telah menghitam.
penyakit-busuk-buah-kopi.jpg
Jamur Fusarium sp. merupakan penyebab penyakit busuk buah pada tanaman kopi. Umumnya serangan jamur ini diawali terlebih dulu dengan serangan hama PBKo (Hypothenemus). Hama ini menyerang buah kopi untuk keperluan makan pada fase imago. Lubang-lubang bekas gigitan hama PBKo lantas menjadi sarana masuk bagi jamur patogen. Baik buah kopi yang masih muda maupun buah yang matang bisa terjangkiti oleh jamur Fusarium sp. ini.
Perkebunan kopi yang memiliki kondisi yang lembab sangat rawan terkena penyakit busuk buah. Perkebunan tersebut biasanya jarang dipangkas atau pohon pelindungnya terlalu rapat. Penyakit busuk buah cenderung menyerang daerah-daerah yang mempunyai tingkat curah hujan yang tinggi sebab air menjadi salah satu agen penting penyebarannya. Selain itu, ada angin yang juga membantu penyebaran spora jamur.
Serangan penyakit busuk buah biasanya dimulai dari bagian pangkal buah kopi. Buah kopi yang terinfeksi akan membusuk yang disertai dengan bercak-bercak berwarna cokelat kehitaman dengan batas yang tegas. Dalam beberapa hari kemudian, seluruh permukaan buah kopi tadi akan membusuk. Kondisi buahnya basah, mengandung banyak air, dan warnanya menghitam. Serangan pada buah kopi muda menyebabkan kondisinya rusak dan tidak bisa dipanen. Sedangkan pada buah dewasa, penyakit ini menimbulkan kerusakan pada biji.
Mengingat dampaknya yang sangat luas, penyakit busuk buah ini harus dikendalikan secara tepat sesegera mungkin. Metode pengendalian penyakit busuk buah kopi dilakukan dengan mengaplikasikan sistem PHT (Pengendalian Hama Terpadu). Jadi proses pengendaliannya dilaksanakan secara serentak dan massal. Proses tersebut dilakukan dengan mengendalikan hama PBKo terlebih dahulu karena menjadi penyebab utama timbulnya penyakit busuk buah.

0 Response to "Mengenal Penyakit Busuk Buah Kopi"

Posting Komentar